fbpx
Estimasi waktu membaca: 3 menit

Untuk mengupload foto atau video ke Gunapost untuk diposting ke Instagram, Anda bisa melakukannya melalui halaman awal ketika pertama kali login ke Gunapost.

Cara mengupload foto dan video ke Gunapost sangat mudah, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca panduannya di bawah ini.

Mengupload Melalui Komputer / Laptop

Gunapost telah mendukung fitur drag & drop upload. Yang artinya, Anda bisa mengupload langsung seluruh gambar yang ada di folder komputer atau laptop Anda ke kolom Media yang ada di halaman awal Gunapost.

Selain menggunakan fitur drag & drop upload, Anda juga bisa melakukan upload menggunakan cara lama, yaitu pop-up upload.

Pop-up upload dapat dilakukan dengan melakukan klik pada simbol laptop yang ada di kolom Media.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap paket memiliki batasan upload yang berbeda di setiap kali Anda mengupload satu gambar atau video.

  1. Paket Basic dibatasi 15MB per upload satu gambar atau video.
  2. Paket Medium dibatasi 30MB per upload satu gambar atau video.
  3. Paket Express dibatasi 50MB per upload satu gambar atau video.

Apabila gambar atau video yang Anda upload melebihi kapasitas yang telah ditentukan di setiap paket, maka gambar atau video tidak bisa di upload (gagal).

Aturan pembatasan di atas berlaku ketika Anda mengambil gambar atau video dari Google Drive, Dropbox, dan Microsoft OneDrive.

Mengupload Melalui Google Drive

Apabila kamu memiliki foto atau video yang tersimpan di Google Drive, Anda dapat mengupload foto atau video langsung dari Google Drive ke Gunapost.

Untuk mengupload foto atau video dari Google Drive ke Gunapost, pilih simbol Google Drive yang ada di halaman awal Gunapost.

Setelah simbol Google Drive di klik, Anda akan mendapatkan jendela baru yang mengharuskan Anda mengizinkan Gunapost untuk mengakses Google Drive Anda.

Apabila Anda mendapatkan pesan Aplikasi ini tidak diverifikasi oleh Google, maka klik tulisan Lanjutan. Peringatan ini hanya sebuah pesan bahwa API Gunapost di Google belum diverifikasi.

Setelah Anda melakukan klik pada tulisan Lanjutan, selanjutnya klik tombol Izinkan agar Gunapost bisa mengakses gambar dan video yang tersimpan di Google Drive Anda.

Setelah Anda mengizinkan Gunapost untuk melihat seluruh gambar dan video yang tersimpan di Google Drive, selanjutnya muat ulang halaman awal Gunapost agar Anda bisa mengambil gambar dan video yang tersimpan di Google Drive.

Anda tidak dapat mengupload lebih dari satu gambar dari Google Drive (bulk images / videos). Jika Anda ingin mengunggah gambar atau video menggunakan Google Drive, maka Anda harus mengupload satu per satu.

Mengupload Melalui Dropbox

Apabila Anda memiliki foto atau video yang tersimpan di Dropbox, Anda bisa mengupload seluruh gambar dan video yang ada di Dropbox secara langsung ke Gunapost.

Untuk mengupload foto melalui Dropbox, Anda bisa melakukan klik pada simbol Dropbox yang ada di kolom Media.

Setelah Anda klik simbol Dropbox, maka akan muncul jendela pop-up (window pop-up) yang mengharuskan Anda login ke Dropbox.

Setelah Anda login ke Dropbox pada jendela pop-up tersebut, maka Anda sudah bisa mengupload foto atau video ke Gunapost langsung dari Dropbox.

Melalui Dropbox Anda bisa mengupload foto atau video lebih dari satu (bulk upload images / videos).

Mengupload Melalui Microsoft OneDrive

Apabila Anda memiliki foto atau video yang tersimpan di Microsoft OneDrive, Anda bisa mengupload seluruh gambar dan video yang ada di Microsoft OneDrive secara langsung ke Gunapost.

Untuk mengupload foto melalui Microsoft OneDrive, Anda bisa melakukan klik pada simbol Microsoft OneDrive yang ada di kolom Media.

Setelah Anda klik simbol Microsoft OneDrive, maka akan muncul jendela pop-up (window pop-up) yang mengharuskan Anda login menggunakan akun Microsoft.

Setelah Anda login ke Microsoft pada jendela pop-up tersebut, maka akan muncul halaman otentikasi untuk mengizinkan Gunapost melihat gambar dan video yang tersimpan dalam Microsoft OneDrive Anda.

Pada halaman otentikasi, pilih Ya untuk mengizinkan aplikasi Gunapost mengakses gambar dan video yang tersimpan dalam Microsoft OneDrive milik Anda.

Setelah Anda mengizinkan aplikasi Gunapost mengakses Microsoft OneDrive, maka Anda sudah bisa mengupload foto atau video dari Microsoft OneDrive ke Gunapost.

Melalui Microsoft OneDrive Anda bisa mengupload lebih dari satu gambar atau video ke Gunapost.

Menggunakan URL Grabber

URL grabber merupakan fitur untuk mengambil gambar atau video melalui sebuah link langsung (direct link) dari sebuah gambar atau video.

Perlu Anda ketahui bahwa link dari gambar atau video yang ingin Anda ambil harus bisa diakses secara publik dan tidak terproteksi oleh hotlink protection.

Pastikan juga bahwa Anda mengambil endpoint link, bukan directory link atau root link.

Contoh dari endpoint link adalah seperti di bawah ini

https://cdn.idntimes.com/content-images/post/old/dacd3-2_dekstopbestwallpapercom.jpg.

Endpoint dari contoh link di atas adalah adanya format file di akhir link, dalam hal ini adalah .jpg.

Pastikan juga link yang ingin diambil tidak terproteksi oleh otentikasi internal. Yang aritnya, untuk mengakses endpoint link Anda tidak harus login atau memasukan informasi tambahan.

Apakah panduan ini membantu Anda?
Tidak Membantu 0
Views: 128