Estimasi waktu membaca: 3 menit

Apabila Anda menggunakan fitur aktifitas otomatis seperti Auto Follow, Auto Unfollow, Auto Like, Auto Comment, dan Auto DM, maka Anda pasti pernah mendapatkan pesan dalam Activity Log dengan tulisan Response: Feedback Required atau InstagramAPI\Response\FriendshipResponse: Feedback required.

Apa sebenarnya maksud dari pesan error tersebut?

Pertama-tama yang harus Anda ketahui; pesan error tersebut bukan kesalahan dari aplikasi Gunapost. Pesan error tersebut merupakan identifikasi respon dari server resmi instagram yang menanggapi sebuah keanehan dari suatu akun instagram, lalu mengirimnya ke aplikasi Gunapost.

Server resmi instagram memiliki sistem yang sangat pintar dalam mendekteksi setiap kejanggalan yang dilakukan oleh penggunanya.

Logikanya begini. Tidak mungkin seorang pengguna yang benar-benar manusia mampu mengikuti (following) ratusan pengguna instagram lainnya secara regular dalam waktu beberapa jam. Atau, tidak mungkin seorang pengguna memberi komentar yang sama ke ratusan foto dalam waktu beberapa jam.

Karena logika di atas tidak manusiawi, pihak instagram menerapkan sebuah algoritma dalam servernya untuk menangani aktifitas janggal yang dilakukan oleh penggunanya. Cara instagram menangani aktifitas janggal adalah dengan mengirim pesan dalam bentuk log ke aplikasi Gunapost, salah satunya adalah Feedback Required.

Kenapa Pesan Tersebut Sampai Kepada Saya?

Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan instagram mengirimkan pesan Feedback Required kepada Anda, beberapa di antaranya adalah:

  1. Anda terlalu cepat mengatur kecepatan (speed) dari fitur aktifitas otomatis;
  2. Anda terlalu sering mengirimkan komentar yang sama lebih dari 10 kali;
  3. Anda terlalu sering mengirimkan pesan DM yang sama lebih dari 10 kali;
  4. Anda menjalankan lebih dari satu aktifitas otomatis di Gunapost. Contoh, Auto Like, Auto Follow, dan Auto Unfollow berjalan bersamaan dengan speed Fast/Very Fast.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam panduan Menentukan Speed Pada Fitur Auto Gunapost. Kecepatan yang Anda pilih dalam fitur otomatis akan membuat akun instagram Anda mengirimkan permintaan ke server instagram per 1 jam sekali.

Jika Anda memilih kecepatan Very Fast, maka akun instagram Anda akan mengirimkan 55 permintaan ke server instagram dalam 1 jam.

Permintaan yang dimaksud dalam konteks ini adalah aktifitas otomatis aktif yang mengirimkan respon ke instagram. Contoh, ketika Anda mengirimkan 1 like foto, maka 1 permintaan telah dikirim ke instagram untuk melakukan like sebuah foto.

Jika Anda mengaktifkan fitur Auto Like dan Auto Follow dengan pilihan speed Very Fast, maka kurang lebih akun instagram Anda akan mengirimkan 110 permintaan ke server instagram setiap 1 jam sekali selama fitur tersebut aktif.

Tentu hal tersebut menjadi sebuah keanehan dan kejanggalan bagi server instagram. Dan untuk mengantisipasi keanehan dan kejanggalan tersebut, server instagram mengirimkan respon ke Gunapost secara otomatis dengan pesan Feedback Required.

Secara teknis pesan Feedback Required merupakan sebuah pesan yang memberi informasi bahwa akun instagram Anda tidak dapat melakukan aktifitas untuk beberapa waktu.

Contoh, Anda mengaktifkan fitur Auto Follow. Setelah fitur Auto Follow berjalan selama 1 minggu, tiba-tiba Anda mendapatkan pesan Feedback Required di Activity Log.

Maksud teknis dari pesan tersebut, Anda tidak dapat melakukan aktifitas following dalam beberapa waktu, baik itu melalui aplikasi Gunapost atau melalui aplikasi resmi instagram di smartphone Anda.

Apa Solusi Agar Tidak Terkena Feedback Required?

Jika Anda mendapatkan pesan Feedback Required, itu artinya Anda harus menghentikan fitur otomatis yang berjalan pada akun instagram yang mendapatkan pesan tersebut.

Contoh, Anda menambahkan akun instagram @budiono ke Gunapost. Lalu, akun tersebut menjalankan fitur follow otomatis di Gunapost dan mendapatkan pesan Feedback Required.

Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus menghentikan fitur follow otomatis yang berjalan untuk akun @budiono di Gunapost. Hentikan aktifitas follow otomatis tersebut paling sebentar 12 jam, dan paling lama 3 hari.

Setelah aktifitas follow otomatis dihentikan, buka aplikasi instagram di smartphone Anda sebagai @budiono, lalu coba ikuti 1 sampai 5 pengguna secara acak. Apabila 1 sampai 5 pengguna tersebut berhasil Anda ikuti, itu artinya Anda sudah bisa melanjutkan kembali fitur follow otomatis di Gunapost.

Praktik di atas berlaku untuk seluruh fitur otomatis (auto) lainnya.

Apabila Anda tidak mengentikan fitur otomatis setelah mendapatkan lebih dari 10 pesan Feedback Required secara beruntun, maka kemungkinan besar akun instagram Anda akan di banned.

Saya Mendapatkan Pesan Feedback Required Tidak Beruntun

Jika Anda mendapatkan pesan Feedback Required tidak beruntun, atau lebih tepatnya, setelah pesan Feedback Required muncul tetapi akun instagram masih bisa melakukan aktifitas otomatis tanpa pesan error. Itu artinya Anda telah diberi peringatan oleh instagram.

Contoh lebih tepatnya lihat gambar di bawah ini.

Dari gambar di atas terlihat bahwa setelah pesan Feedback Required muncul, akun instagram masih bisa melakukan aktifitas following. Tapi, setelah berhasil melakukan 4 aktifitas following secara otomatis, muncul kembali pesan Feedback Required.

Jika Anda mengalami pesan error seperti gambar di atas, itu artinya Anda harus mengurangi nilai pada fitur otomatis yang sedang aktif berjalan.

Contoh. Jika Anda menerima pesan Feedback Required ketika fitur otomatis ada pada pilihan speed Very Fast, maka ubah speed menjadi Slow atau Very Slow atau Auto (Recommended). Selain itu, ubah juga target hashtags, lokasi, atau username.

Apakah panduan ini membantu Anda?
Tidak Membantu 0
Views: 8