fbpx
In: Tutorial

Dalam menghadapi “peretasan” skala besar di Instagram, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menjaga akun Anda tetap aman dari orang-orang berbahaya yang mungkin mencuri informasi Anda atau menggunakannya untuk tujuan jahat.

Diretas adalah sesuatu yang ingin dihindari oleh semua orang! Dengan bahaya pencurian identitas yang menjulang di cakrawala, itu buruk bagi reputasi Anda, pencitraan merek, dan citra secara keseluruhan. Ini sangat penting jika Anda adalah seseorang yang bergantung pada Instagram untuk mencari nafkah.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun Anda? Dalam artikel ini kami akan membahas tentang berbagai cara yang dapat Anda hindari dari peretasan.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Yang Anda Percaya

Jika Anda adalah pengguna bisnis, kemungkinan besar, Anda menggunakan akun media sosial Anda dengan aplikasi pihak ketiga. Ini adalah layanan lain yang memungkinkan Anda melacak analisis, memantau data, meninjau informasi, dll. Jika Anda ingin menjaga akun Anda tetap pribadi, sebaiknya Anda mencabut akses ke aplikasi yang tidak dapat dipercaya.

Bagaimana Anda tahu aplikasi mana yang harus dipercaya?

Nah, tanda pertama dari layanan pihak ketiga yang buruk adalah ketika Anda melihat bahwa mereka bahkan tidak menggunakan enkripsi SSL pada websitenya. Anda harus melihat situs web dimulai dengan https dan juga bahwa simbol kunci kecil harus ada di depan URL.

Aplikasi yang tidak memiliki enkripsi canggih dapat lebih mudah diretas dan data Anda dapat bocor dengan mudah.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi pengelola instagram yang mengharuskan Anda untuk login tanpa menggunakan Standar Instagram API. Apabila Anda mendapatkan penawaran aplikasi dengan jenis seperti ini, maka pastikan Anda juga harus mengetahui bagaimana cara username dan password instagram Anda disimpan dalam database.

Contoh seperti Gunapost. Gunapost adalah aplikasi pengelola akun instagram yang membutuhkan username dan password akun instagram untuk menjalankan pengelolaan untuk akun instagram Anda.

Walaupun Gunapost membutuhkan username dan password instagram, tapi Gunapost memberikan penjelasan bagaimana cara mereka melindungi akun instagram yang menggunakan Gunapost. Itu yang menjadi faktor utama Gunapost digunakan oleh digital marketers yang memanfaatkan instagram untuk pemasaran.

Mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor

Instagram mulai meluncurkan autentikasi dua faktor pada tahun 2016. Autentikasi dua faktor sangat penting dalam menambahkan lapisan keamanan ekstra agar peretas tidak akan begitu mudah untuk mengakses akun Anda hanya dengan mengetahui kata sandi Anda.

Ini adalah fitur keamanan penting yang memverifikasi bahwa orang yang mengakses akun adalah Anda (atau seseorang yang memiliki akses ke ponsel Anda). Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini di pengaturan Instagram Anda – yang Anda perlukan hanyalah nomor telepon Anda.

Apabila Anda menemukan aplikasi pihak ketiga yang mengharuskan Anda untuk menghilangkan keamanan autentikasi dua faktor, maka jangan pernah gunakan aplikasi tersebut karena bisa membahayakan akun instagram Anda.

Menggunakan Password Yang Sulit Ditebak

Jangan pernah menggunakan password yang kata-katanya terdapat nama atau username dari akun instagram Anda.

Walaupun hal ini tidak terlalu penting, tapi kebanyakan pengguna instagram sangat jarang sekali mengetahui tentang autentikasi dua faktor dan masih mengandalkan password untuk mengamankan akun instagram.

Apabila autentikasi dua faktor aktif, semudah apapun password Anda mudah ditebak, akun instagram Anda akan tetap aman. Tetapi apabila Anda masih mengandalkan password tanpa adanya lapisan keamanan dari autentikasi dua faktor, maka kemungkinan besar akun Anda diretas akan sangat tinggi.

Password yang sulit ditebak sangat direkomendasikan, tapi akan sangat efektif jika praktik keamanan pada akun instagram Anda dengan menambahkan autentikasi dua faktor.

Bagaimana Jika Akun Instagram Saya Diretas?

Menyebalkan sekali! Itu bisa terjadi pada siapa saja. Jika akun instagram Anda diretas, ada kemungkinan besar akun email Anda juga telah disusupi.

Langkah pertama adalah melaporkan masalah itu ke Instagram. Instagram dan Facebook dikenal memiliki dukungan pelanggan dengan kecepatan siput. Saya selalu merekomendasikan untuk menghubungi dukungan bisnis mereka. Anda bisa mencari informasinya¬†melalui Google dengan kata kunci “dukungan bisnis Facebook”. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan menawarkan obrolan langsung.

Perhatikan bahwa dukungan di atas ditujukan untuk mendukung fitur iklan.

Jika Anda mengalami masalah masuk tetapi masih dapat mengakses alamat email atau ponsel yang ditautkan ke akun Anda, maka menggunakan trik “lupa kata sandi” dapat membantu memulihkan akun dan mengambil kembali kontrol. Jika Anda tidak dapat masuk, sebaiknya laporkan pelanggaran di sini:¬†https://www.facebook.com/help/contact/196687840820038.

Mengelola keamanan itu penting, jangan mempertaruhkan bisnis atau akun pribadi Anda. Lakukan langkah pencegahan dan hindari penggunaan aplikasi pihak ketiga yang terlihat mencurigan.

0 Likes

Comments: 0

There are not comments on this post yet. Be the first one!

Leave a comment