fbpx
In: Tutorial

Siapa di zaman sekarang yang belum kenal Instagram? Jika kamu belum kenal dengan instagram, berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Instagram adalah aplikasi jejaring sosial gratis yang memungkinkan pengguna mengambil dan membagikan foto dan video. Dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada bulan Oktober 2010, Instagram dengan cepat mendapatkan popularitas, menarik lebih dari 100 juta pengguna aktif.

Dalam waktu kurang dari 2 tahun Instagram dengan harga $1 miliar. Instagram sejak itu membengkak menjadi lebih dari 400 juta pengguna, menjadikan Instagram salah satu jejaring sosial teratas di dunia internet.

Agar tetap populer, perusahaan terus-menerus memperkenalkan fitur baru – tetapi ini juga dapat membuat daftar kemampuannya yang semakin sulit untuk dilacak oleh pengguna awam.

Jika Anda sudah kecanduan Instagram selama bertahun-tahun, atau Anda baru mengenal instagram, ini dia kiat dan trik untuk membantu Anda memahami instagram.

Membuat Profil Instagram

Sudah memiliki akun? Lanjutkan dan lewati bagian ini. Tapi kalau Anda belum memiliki akun, mari mulai dengan hal-hal mendasar. Untuk mendaftar akun Instagram cukup install lalu buka aplikasi, ketuk Daftar, dan masuk dengan akun Facebook Anda atau berikan alamat email dan kata sandi. Anda juga harus mengajukan nama pengguna unik. Ini bisa sesederhana nama asli Anda, atau sesuatu yang lebih kreatif.

Jika Anda bergabung dengan instagram untuk tujuan profesional, ada baiknya menggunakan username yang berkaitan dengan apa yang Anda lakukan atau dengan tema akun Anda.

Menambahkan Foto Profil


Anda dapat dengan mudah menambahkan foto profil ke akun Instagram dari perangkat seluler Anda. Buka profil Anda dengan mengetuk gambar profil Anda di bagian kanan bawah, ketuk lingkaran kosong dengan nama Anda (ini adalah tempat foto profil Anda akan muncul), dan ambil gambar baru atau impor dari ponsel Anda, Facebook, atau Twitter .

Menambahkan Biografi Yang Berkesan

menambahkan biografi

Dalam menu Edit Profil, Anda dapat menentukan bagaimana Anda nama Anda ditampilkan (seperti nama samaran), merubah username Instagram Anda, menambahkan tautan ke situs web (hanya satu yang diizinkan), dan menambahkan bio. Anda juga dapat mencantumkan informasi pribadi seperti nomor telepon dan jenis kelamin Anda, meskipun ini tidak diperlihatkan kepada publik.

Yang menyenangkan adalah Instagram tidak mengharuskan Anda mengisi bidang-bidang ini, atau Anda harus memberikan nama lengkap Anda jika Anda tidak mau.

Cari Pengguna Untuk Diikuti (Follow)

mencari pengguna untuk diikuti

Sekarang banyak teman-teman Anda yang (mungkin) sudah menggunakan Instagram, sehingga Anda dapat pergi ke tab profil dan pilih Cari Teman di pengaturan Opsi (ikon roda gigi di kanan atas). Di sini, Anda dapat mencari teman yang telah menghubungkan akun Facebook dan Twitter mereka ke Instagram.

Anda juga dapat mencari berdasarkan nama, username, atau tag. Anda juga dapat mengikuti selebriti atau orang-orang yang fotonya Anda kagumi. Mengikuti orang yang menarik adalah cara yang bagus untuk mendapatkan inspirasi, dan ini membantu algoritma Instagram mempelajari apa yang Anda sukai dan menyarankan foto dan video di tab Discovery.

Posting Foto atau Video Pertama

Memposting Foto atau Video di Instagram

Untuk memposting foto atau video, cukup ketuk ikon plus (+) di tengah navigasi bawah aplikasi. Anda kemudian dapat mengambil foto, merekam video, atau memilih salah satu dari galeri telepon Anda.

Setelah Anda memilih foto yang Anda inginkan, tekan Berikutnya. Dari sana, Anda dapat menerapkan filter atau bahkan mengedit tampilan foto secara manual. Aplikasi ini memungkinkan Anda memotong, mengubah eksposur, meningkatkan saturasi, meningkatkan ketajaman, menambahkan vignette, dan banyak lagi.

Tekan Next, dan Anda akan diminta untuk menambahkan keterangan, tag (dari pengguna Instagram lainnya), lokasi, dan pilihan untuk membagikan foto ke jejaring sosial lainnya (Facebook, Twitter, Tumblr, atau Swarm). Jika foto sudah siap untuk di posting, klik Bagikan.

Cara berbagi video hampir persis seperti berbagi foto, tetapi dalam berbagi video Anda dapat memilih panjang klip (hingga satu menit) atau membuat montase dari beberapa video. Anda juga dapat menonaktifkan suara jika Anda tidak menyukai kebisingan latar belakang audio di video Anda.

Menyempurnakan Foto Instagram Anda

Menyempurnakan foto instagram

Instagram menawarkan pilihan filter dan alat pengeditan yang bagus untuk membuat foto Anda lebih menonjol, atau bahkan menyelamatkan objek yang buruk dalam foto yang akan Anda bagikan.

Jika Anda ingin lebih mendalam lagi, ada banyak aplikasi pengeditan foto seperti VSCO, Filmborn, Snapseed, Adobe Photoshop Express, dan Spark Post.

VSCO sangat terkenal karena ada beberapa presetnya yang mirip film, sedangkan aplikasi seperti Spark Post memungkinkan Anda membuat kolase, menambahkan teks dan grafik, dan banyak lagi.

Menandai Pengguna Instagram (Tag Users)

Menandai pengguna instagram dalam foto

Ingin menarik perhatian ibu, teman, kucing, barista, atau siapa saja yang muncul di foto Anda? Cukup ketuk ikon Orang di bawah kolom keterangan pada halaman pengeditan terakhir sebelum membagikan foto Anda.

Selanjutnya, ketuk orang atau objek pada gambar yang ingin Anda beri tanda dan masukkan nama atau nama pengguna Instagram mereka. Anda harus melihat daftar saran saat Anda mengetik, tetapi jika karena alasan tertentu Anda tidak melihat orang yang Anda cari, Instagram mempermudah untuk mencari orang yang Anda kenal.

Lupa memberi tag seseorang di foto yang sudah Anda poskan? Jangan khawatir. Cukup ketuk foto di profil Anda, ketuk tombol “…” di kanan atas untuk membuka menu, pilih Edit, lalu ketuk Tandai Orang.

Mention Pengguna Instagram

Mention pengguna instagram

Untuk menyebut teman di teks (caption) Anda, ketikkan @ di depan nama pengguna mereka (misalnya, “Artikel hebat, @gunagawe!”). Teman Anda kemudian akan menerima pemberitahuan dalam umpan aktivitas mereka, memberi tahu bahwa Anda menyebutkan dalam foto yang dibagikan. Anda juga bisa menyebut orang di komentar.

Catatan: Jika Anda menyebutkan seseorang dan mereka kemudian mengubah username Instagram mereka, penyebutan Anda tidak akan diperbarui secara otomatis dan tidak akan lagi menautkan ke profil mereka. Namun, tag akan diperbarui jika pengguna mengubah username miliknya.

Menyukai, Mengomentari dan Mengirim Foto atau Video

Menyukai, Mengomentari dan Mengirim Foto atau Video

Untuk menyukai foto atau video di Instagram, cukup ketuk dua kali pada foto atau video tersebut, atau Anda dapat mengetuk ikon “hati”. Jika Anda menyukai posting secara tidak sengaja, cukup ketuk ikon “hati” untuk membatalkan like Anda ke foto atau video tersebut.

Di samping ikon hati adalah ikon balon teks, yang merupakan cara Anda untuk memberi komentar pada foto atau video. Tidak ada batasan seberapa banyak Anda dapat menulis, tetapi demi komunitas Instagram, kami sarankan untuk membuatnya singkat.

Ikon panah yang terletak di sebelah kanan tombol komentar akan membiarkan Anda mengirim foto atau video sebagai pesan ke pengguna lain. Ketuk, pilih siapa yang ingin Anda kirim, dan ketuk Kirim. Pos akan dibagikan dalam pesan pribadi, dan merupakan cara yang baik untuk menarik perhatian seseorang ke konten yang Anda pikir mereka sukai – ingatlah, terlalu sering melakukan ini bisa mengganggu orang lain.

Memposting Lebih Dari Satu Foto Dalam Satu Waktu

Memposting Album di Instagram

Pada Februari 2017, Instagram memperkenalkan kemampuan untuk memposting lebih dari satu foto dalam satu waktu. Sekarang, Anda dapat memposting hingga 10 foto sekaligus dalam sebuah album. Album muncul sebagai satu posting di feed, tetapi pengikut Anda dapat menggeser foto untuk melihat semua foto.

Untuk memposting banyak gambar sekaligus, cukup ketuk lebih dari satu gambar saat mengunggah dari perangkat Anda. Instagram akan secara otomatis membuat album inline, bergaya carousel. Meskipun Anda dapat memposting hingga 10 foto, Anda terbatas pada satu keterangan untuk seluruh album. Terlebih lagi, gambar harus dipangkas hingga rasio aspek yang sama, jadi tidak perlu mencampur dan mencocokkan gambar potret, lanskap, dan persegi.

Membuat Foto dan Video Menjadi Tertutup (Private)

Ketika Anda pertama kali membuat akun Instagram, siapa pun dapat melihat profil Anda di Instagram. Pos Anda hanya akan muncul di timeline orang-orang yang mengikuti Anda, tetapi siapa pun dapat melihatnya dengan mengunjungi ke profil instagram Anda atau jika mereka mencari hashtag yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin menjadikan pos Anda tertutup sehingga hanya pengikut Anda yang dapat melihatnya, Instagram memungkinkan Anda melakukan ini. Buka profil Anda, ketuk ikon tiga titik untuk membuka pengaturan akun, dan di aktifkan opsi pilih Akun Pribadi.

Menyematkan (Embed) Foto atau Video di Web

Menyematkan Foto atau Video ke Web

Apakah Anda mengambil foto yang benar-benar menakjubkan dan Anda ingin membagikannya di blog Anda? Buka Instagram di web dan temukan gambar yang ingin Anda bagikan, klik simbol yang ditampilkan sebagai tiga titik, dan pilih opsi Sematkan. Anda dapat menyalin dan menempelkan kode di mana saja di web untuk memamerkan foto yang Anda ambil.

Catatan tambahan. Jika konten Anda disetel sebagai tertutup (private) di Instagram, Anda tidak akan dapat menyematkan (embed) foto.

Menghapus Foto Yang Menandai Anda

Menghapus tanda pada foto

Jika salah satu teman Anda menandai Anda dalam sebuah foto, itu akan muncul di bagian Foto Anda di halaman profil Anda. Saat Anda menemukan foto bertanda dari diri Anda yang tidak Anda sukai, Anda dapat memilih untuk menyembunyikannya.

Untuk menghapus satu foto, ketuk foto yang memalukan dan Anda akan melihat pegangan Instagram Anda. Ketuk pegangan Anda dan Anda akan langsung melihat menu, lalu pilih Sembunyikan dari Profil Saya atau Hapus Saya dari Foto (ditemukan di Opsi Lainnya).

Mengirim Pesan Langsung (Direct Message)

Mengirim direct message instagram

Di bagian kanan atas beranda (timeline) Instagram terdapat ikon yang terlihat seperti laci (sekarang ikon tersebut berubah menjadi surat).

Mengetuk ikon ini akan membawa Anda ke menu di mana Anda akan menemukan pesan pribadi Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Meskipun Instagram lebih dikenal sebagai tempat berbagi foto, Instagram memiliki fungsi perpesanan yang memungkinkan Anda mengirim catatan, foto, atau video yang tidak dimaksudkan untuk dilihat oleh publik.

Untuk menulis pesan baru, ketuk ikon silang di kanan atas menu Langsung, pilih Kirim Foto atau Video atau Kirim Pesan; yang pertama memungkinkan Anda memilih konten dari perpustakaan Anda, sementara yang kedua memungkinkan Anda melakukan chit-chat dengan Instagrammer lain.

Menggunakan Hashtags Populer

Menambahkan hashtags populer

Menambahkan hashtag (#) adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengikut baru dan membagikan foto Anda dengan lebih banyak orang. Memilih tag yang tepat akan membantu Anda terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama di Instagram, tetapi penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan tag yang menggambarkan foto Anda. Misalnya, jika Anda mengambil gambar dari Volkswagen Bus, Anda dapat menggunakan hashtags #vwbus dan #volkswagen.

Sebuah fitur yang bagus adalah ketika Anda mengetik hashtag, Instagram akan menampilkan tag serupa serta berapa banyak posting yang ada. Memilih tag yang populer bukanlah ide yang buruk, tetapi Anda mungkin juga ingin mencari tag yang lebih tertarget dan spesifik di mana foto Anda mungkin lebih menonjol dari kerumunan.

Menggunakan Instagram di Web

Menggunakan instagram di webUntuk mengakses akun Instagram Anda di web, Anda dapat pergi ke Instagram.com dan masuk dengan nama pengguna atau kata sandi Instagram Anda. Situs web berfungsi dengan baik untuk melihat pos dan mengambil kode penyematan untuk blog atau situs web Anda, tetapi Anda tetap tidak dapat mempostingnya. Anda dapat melakukan beberapa tugas dasar, seperti mencari dan mengikuti pengguna lain, dan mengedit profil Anda.

Menjadi Sorotan Tren Instagram

Menjadi sorotan di instagram

Anda dapat dengan mudah mendapatkan ribuan pengikut baru setiap hari dengan menjadi sorotan di instagram.

Sayangnya, Instagram tidak benar-benar membagikan cara mereka memilih pengguna untuk masuk ke dalam sorotan, tetapi jika Anda ditambahkan ke daftar pengguna yang disarankan, Anda akan mendapat banyak sekali eksposur.

Jika Anda ditambahkan ke daftar pengguna yang disarankan, Anda akan tetap di sana setidaknya selama satu minggu. Agar mendapat peluang bagus untuk masuk dalam daftar, pastikan bahwa foto Anda memiliki ceruk atau gaya yang konsisten dan dapat diidentifikasi yang akan membuat Anda diperhatikan oleh pengguna Instagram lainnya.

Mengelola Lebih Dari Satu Akun

Mengelola akun instagram

Untungnya, zaman kegelapan yang terbatas pada satu akun Instagram sudah punah. Instagram menambahkan kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk mengelola banyak akun pada Februari 2016.

Sangat menyenangkan bagi mereka yang telah mendambakan cara yang lebih mudah untuk mengelola akun mereka sendiri. Orang-orang sekarang dapat mengelola hingga lima akun sekaligus.

Untuk menambahkan akun tambahan, cukup buka halaman pengaturan profil Anda dan ketuk ikon roda gigi atau tiga titik di sudut kanan atas layar. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Tambah Akun” dan buat nama pengguna dan kata sandi unik untuk akun baru. Untuk beralih di antara akun Instagram dengan cepat, buka halaman profil Anda, pilih nama pengguna Anda dan pilih akun yang ingin Anda alihkan dari menu pull-down.

Gambar profil yang muncul di navigasi bawah akan mencerminkan akun yang aktif, dan mengingatkan akun yang sedang Anda gunakan.

Membuat Collages, Time-Lapse Videos, dan Foto Looping

Membuat Collages, Time-Lapse Videos, dan Foto Looping

Saat Anda memposting foto, Anda akan melihat dua ikon di sudut kanan bawah gambar: Salah satunya adalah ikon dengan bentuk infinite loop, dan yang tampak seperti kubus dengan kompartemen berbentuk berbeda di dalamnya. Yang pertama membawa Anda ke aplikasi Boomerang Instagram, sementara yang lain membawa Anda ke aplikasi Layout Instagram. Untuk menggunakan dua aplikasi foto ini, Anda harus mengunduhnya, karena berfungsi sebagai aplikasi independen.

Ada juga aplikasi ketiga, yang disebut Hyperlapse (iOS saja), yang memungkinkan Anda membuat video seperti selang waktu. Setelah Anda merekam video (hingga 45 menit), Anda dapat menyesuaikan kecepatan pemutaran – dari 1x (lambat) menjadi 12x (super cepat).

Trik utama Hyperlapse adalah menggunakan data akselerometer dari ponsel Anda untuk menghasilkan rekaman yang mulus. Seperti aplikasi lainnya, video disimpan di rol kamera dan dapat dibagikan ke Instagram atau Facebook.

Memulai Instagram Stories (InstaStory)

Memulai instagram stories

Sama seperti Snapchat Stories, fitur Instagram Stories memungkinkan Anda berbagi foto, video, dan konten lainnya dengan pengikut Anda. Ini juga menawarkan fungsi pengaya yang sama seperti Snapchat, memungkinkan Anda menambahkan teks dan filter kreatif, banyak yang dapat diubah untuk menyesuaikan posting Anda.

Saat Anda membuka Instagram, Anda akan melihat kisah dan kisah pengikut Anda di bagian atas halaman, yang diwakili oleh gambar profil mereka dengan lingkaran warna-warni di sekelilingnya. Cukup ketuk satu kali untuk melihatnya. Anda dapat menambah cerita Anda sendiri dengan mengetuk ikon kamera di kiri atas.

Tetap dengan tema singkat, Instagram Stories hanya bertahan selama 24 jam. Setelah 24 jam, mereka disimpan di arsip pribadi Anda. Jika Anda ingin cerita tetap terlihat selama lebih dari 24 jam, Anda dapat memilihnya dari arsip (ketuk ikon yang tampak seperti jam di bagian atas halaman profil Anda) dan pilih untuk menambahkannya ke Sorotan Anda. Sorotan tetap ditampilkan di halaman profil Anda tanpa batas, tetapi kisah yang disorot tidak dapat dilihat dalam cerita utama Anda selama 24 jam.

Memulai Live Video di Instagram

Memulai Live Video di Instagram

Jika Cerita tidak cukup cepat untuk Anda, Anda juga dapat melakukan streaming video langsung di Instagram. Masuk ke Instagram Live semudah mengeposkan cerita. Dari umpan (timeline) utama Anda, buka kamera Cerita dan geser ke opsi “Langsung”. Dengan asumsi semua izin untuk akses kamera dan mikrofon telah diberikan, itu semudah menekan catatan.

Untuk membantu mendorong tingkat tontonan pada streaming Anda, Instagram akan mengirimkan pemberitahuan untuk memilih teman agar mereka tahu bahwa Anda telah tayang. Instagram juga memungkinkan Anda untuk tinggal bersama teman dalam pengaturan layar terpisah, dan siaran langsung dapat ditambahkan kembali ke cerita Anda setelah, memberi lebih banyak pengikut Anda kesempatan untuk melihatnya.


Anda membacanya sampai pada titik ini? Hebat. Semoga tulisan di atas bisa menjadi referensi menarik yang akan selalu Anda baca di kemudian hari.

0 Likes

Comments: 0

There are not comments on this post yet. Be the first one!

Leave a comment